Senin, 05 November 2012

BOLA BOPENG Melayang Jauh




                Konon, dulu bola golf dibuat mulus permukaannya. Namun para pegolf mendapati, bola golf yang sudah penuh dengan takikan dan torehan karena hantaman stick justru dapat melayang lebih jauh. Akhirnya, bola golf dibuat bopeng seperti seperti yang dikenal saat ini. Bagaimana bopeng itu bisa membikin bola golf justru tambah jauh ?
                Salah satu faktor yang mempengaruhi jarak tempuh bola golf ketika melayang adalah hambatan yang ditimbulkan oleh udara. Besar kecilnya hambatan ditentukan oleh tipe aliran udara di sekeliling bola. Ada dua jenis aliran udara dalam aerodinamik: laminar dan turbulen.
                Aliran laminar menghasilkan hambatan yang kecil, tapi cenderung menyebabkan fenomena separasi. Ini fenomena akibat adanya pusaran udara terbentuk dari pergerakan sebuah benda dan mengakibatkan hambatan meningkat secara drastis.  Sebalikya dengan aliran turbulen. Awalnya menghasilkan hambatan yang besar, namun separasi tidak mudah terjadi akibat adanya gaya adhesi yang lebih baik.
                Nah, bola golf berkulit mulus ternyata berpeluan menimbulkan separasi. Untuk menghilangkan separasi, mau tidak mau alran harus di buat turbulen. Untuk membuat turbulen, permukaan bola harus dibuat tidak rata atau mulus. Memang, ada konsekuensinya, yakni hambatan awal besar sehingga perlu tenaga lebih untuk melambungkannya. Akan tetapi, setelah melambung, hambatan berkurangdan hasil akan lebih jauh dibandingkan bola mulus.  

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo